Kamis, 22 Februari 2018

Komponen karburator



Komponen karburator dan fungsinya



         Selamat datang dalam artikel ini . Disini saya akan memberikan penjelasan mengenai komponen - komponen karburator secara lengkap beserta fungsinya. Berikut komponen yang terdapat pada karburator : 

1.POWER PISTON
   • Dirancang untuk pemakaian bahan bakar yang ekonomis

2. SLOW JET 
   • Berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke dalam silinder engine pada saat engine putaran langsam

3. KATUP SELENOID
  • Berfungsi agar mesin tidak mengalami diseling ( mesin tetap dalam keadaan hidup walaupun kunci kontak sudah di off kan )

 4. BREAKER CUK
    • Berfungsi untuk mengoptimalkan sistem pemasukan campuran bahan bakar dan udara dalam kondisi kondisi yang khusus


 5. NOZEL UTAMA PRIMER
     • Berfungsi untuk menyuplai bahan bakar saat kecepatan rendah

6. KATUP CUK
    • Berfungsi untuk menutup saluran udara yang masuk ke karburator agar terjadi pencampuran kaya untuk sementara

7. JET POMPA
    • Berfungsi menambah jumlah bahan bakar saat engine mengalami perubahan putaran, dari putaran rendah ke putaran tinggi

8. NOZEL UTAMA SEKUNDER
   • Berfungsi mensuplai bahan bakar pada kecepatan tinggi

9. PEMBERAT(DISCHARGE WEIGHT)
    • pemberat bola baja supaya cepat menutup
10. PLUNYER POMPA
    • agar bahan bakar yang masuk ke ruang bakar efisien dan sesuai dengan kebutuhan mesin
11. KATUP TERMOSTAT
   • menambah udara pada campuran bahan bakar sehingga campuran yang tidak seimbang menjadi seimbang dan putaran mesin kembali normal
12. KATUP JARUM
    • mengatur masuknya bensin ke dalam ruang pelampung
13. PELAMPUNG
     • untuk mempertahankan agar level bahan bakar tetap stabil
14. POWER VALVE (KATUP TENAGA)
     • Untuk membuka dan menutup sebelum saluran utama bahan bakar saat sistem power bekerja
15. JET UTAMA PRIMER 
    • Sebagai jalur utama bahan bakar untuk idle dan kecepatan rendah
16. POWER JET (PENAMBAH TENAGA)
    • Sebagai sirkuit atau jalur tambahan pensuplai bensin di luar dari mesin jet dan pilot jet
17. SEKRUP PENYETEL IDLE
     • Untuk menentukan jumlah udara yang masuk
18. SUMBAT
    • Untuk mengatur besar kecilnya bahan bakar yang masuk
19. SLOW PORT
    • Sebagai saluran keluar campuran udara dan bahan bakar saat kecepatan rendah
20. IDLE PORT
   • Sebagai saluran keluar campuran udara dan bahan bakar pada saat idle
21. KATUP TROTEL PRIMER
   • Untuk mengatur jumlah pemasukan udara dan bahan bakar saat kecepatan rendah
22. KATUP TROTEL SEKUNDER
   • Untuk mengatur jumlah pemasukan udara dan bahan bakar saat kecepatan tinggi atau disebut juga beban penuh
23. KATUP PUTARAN TINGGI
   • Untuk menyediakan campuran bahan bakar dan udara pada saat mesin berputar pada kecepatan tinggi
24. JET UTAMA SEKUNDER
    • Untuk mengontrol jumlah bahan bakar yang disalurkan oleh secondary high speed system

25. MANGKUK KARBURATOR
   • Tempat menyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan

          Nah , bagaimana? Apa sudah cukup ?. Mungkin hanya segitu saja yang bisa saya tulis atau yang bisa saya jelaskan  . Kurang lebihnya mohon maaf. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMERIKSAAN DAN PENGGANTIAN BUSI           Halo selamat datang kembali. Pada kesempatan kali ini  saya membuat artikel mengenai pemeriksa...