Komponen karburator dan fungsinya
Selamat datang dalam artikel ini . Disini saya akan memberikan penjelasan mengenai komponen - komponen karburator secara lengkap beserta fungsinya. Berikut komponen yang terdapat pada karburator :
1.POWER PISTON
• Dirancang untuk pemakaian bahan bakar yang ekonomis
2. SLOW JET
• Berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke dalam silinder engine pada saat engine putaran langsam
3. KATUP SELENOID
• Berfungsi agar mesin tidak mengalami diseling ( mesin tetap dalam keadaan hidup walaupun kunci kontak sudah di off kan )
4. BREAKER CUK
• Berfungsi untuk mengoptimalkan sistem pemasukan campuran bahan bakar dan udara dalam kondisi kondisi yang khusus
5. NOZEL UTAMA PRIMER
• Berfungsi untuk menyuplai bahan bakar saat kecepatan rendah
6. KATUP CUK
• Berfungsi untuk menutup saluran udara yang masuk ke karburator agar terjadi pencampuran kaya untuk sementara
7. JET POMPA
• Berfungsi menambah jumlah bahan bakar saat engine mengalami perubahan putaran, dari putaran rendah ke putaran tinggi
8. NOZEL UTAMA SEKUNDER
• Berfungsi mensuplai bahan bakar pada kecepatan tinggi
9. PEMBERAT(DISCHARGE WEIGHT)
• pemberat bola baja supaya cepat menutup
10. PLUNYER POMPA
• agar bahan bakar yang masuk ke ruang bakar efisien dan sesuai dengan kebutuhan mesin
11. KATUP TERMOSTAT
11. KATUP TERMOSTAT
• menambah udara pada campuran bahan bakar sehingga campuran yang tidak seimbang menjadi seimbang dan putaran mesin kembali normal
12. KATUP JARUM
12. KATUP JARUM
• mengatur masuknya bensin ke dalam ruang pelampung
13. PELAMPUNG
13. PELAMPUNG
• untuk mempertahankan agar level bahan bakar tetap stabil
14. POWER VALVE (KATUP TENAGA)
14. POWER VALVE (KATUP TENAGA)
• Untuk membuka dan menutup sebelum saluran utama bahan bakar saat sistem power bekerja
15. JET UTAMA PRIMER
15. JET UTAMA PRIMER
• Sebagai jalur utama bahan bakar untuk idle dan kecepatan rendah
16. POWER JET (PENAMBAH TENAGA)
16. POWER JET (PENAMBAH TENAGA)
• Sebagai sirkuit atau jalur tambahan pensuplai bensin di luar dari mesin jet dan pilot jet
17. SEKRUP PENYETEL IDLE
17. SEKRUP PENYETEL IDLE
• Untuk menentukan jumlah udara yang masuk
18. SUMBAT
• Untuk mengatur besar kecilnya bahan bakar yang masuk
19. SLOW PORT
18. SUMBAT
• Untuk mengatur besar kecilnya bahan bakar yang masuk
19. SLOW PORT
• Sebagai saluran keluar campuran udara dan bahan bakar saat kecepatan rendah
20. IDLE PORT
20. IDLE PORT
• Sebagai saluran keluar campuran udara dan bahan bakar pada saat idle
21. KATUP TROTEL PRIMER
21. KATUP TROTEL PRIMER
• Untuk mengatur jumlah pemasukan udara dan bahan bakar saat kecepatan rendah
22. KATUP TROTEL SEKUNDER
22. KATUP TROTEL SEKUNDER
• Untuk mengatur jumlah pemasukan udara dan bahan bakar saat kecepatan tinggi atau disebut juga beban penuh
23. KATUP PUTARAN TINGGI
23. KATUP PUTARAN TINGGI
• Untuk menyediakan campuran bahan bakar dan udara pada saat mesin berputar pada kecepatan tinggi
24. JET UTAMA SEKUNDER
24. JET UTAMA SEKUNDER
• Untuk mengontrol jumlah bahan bakar yang disalurkan oleh secondary high speed system
25. MANGKUK KARBURATOR
• Tempat menyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan
Nah , bagaimana? Apa sudah cukup ?. Mungkin hanya segitu saja yang bisa saya tulis atau yang bisa saya jelaskan . Kurang lebihnya mohon maaf.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar