Kamis, 22 Februari 2018

PEMERIKSAAN KOMPONEN TEGANGAN TINGGI SISTEM PENGAPIAN

     Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang penjelasan mengenai pemeriksaan komponen tegangan tinggi sistem pengapian . Berikut penjelasannya :



A.Peralatan 
Peralatan yang dipergunakan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang baik dan harus dipersiapkan sebelumnya adalah :
Peralatan standar dalam peralatan standar dalam kotak alat
Ohmmeter
Bak cuci
Kuas
Pistol udara
B. Bahan
Bahan yang diperlukan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang baik 
dan harus dipersiapkan sebelumnya adalah :
Bensin (untuk membersihkan)
Lap
Kendaraan / motor hidup

C.Langkah kerja

Lepas tutup distributor, rotor dan kabel-kabel tegangan tinggi. Untuk 
melepaskan steker busi, jangan menarik pada kabel busi, karena kabel tersebut 
berinti arang sehingga mudah rusak

Periksa tahanan setiap penghantar / kabel tegangan tinggi, dari elektroda di dalam tutup distributor sampai steker busi. Jika tahanan kabel lebih besar dari standar, kabel harus diganti baru.
Penghantar / kabel tegangan tinggi dengan tahanan yang terlalu besar ( lebih dari 20 kilo Ohm ) mengakibatkan mesin sukar dihidupkan, maka kabel harus diganti.

Lepas semua bagian dan bersihkan dengan bensin, kemudian keringkan dengan baik. Jika membersihkan dengan menggunakan angin, doronglah arang di dalam pusat distributor, untuk mencegah arang terlempar keluar waktu disemprot.


Periksa kondisi isolator pada koil, rotor, tutup distributor dan steker busi. Jika terdapat bagian yang terbakar, maka harus diganti baru.

Tutup distributor harus diperiksajuga kondisi arangnya. Jenis tutup distributor terlihat seperti gambar dibawah ini.

                   Arang yang dapat bergerak.Bola arang tetap. Pasangan rotornya (gambar sebelah kiri )             
            Pasangan rotornya pejal, dengan dilengkapi dengan perasaan daun yang tinggi tetap.berfungsi sebagai kontak dengan arang. (gambar sebelah kanan )



Periksa kondisi isolator kabel pengapian. Kabel yang retak atau terbakar harus diganti baru, tidak boleh diisolasi, karena isolasi biasa tidak mampu mengisolasi tegangan tinggi.

Pasang rotor pada poros governor. Rotor yang mempunyai kelonggaran harus diganti baru.
Pasang tutup distributor kembali.
Pasang / hubungkan kembali kabel-kabel tegangan tinggi ke busi
Hidupkan mesin sebagai kontrol.


        Terimakasih karena telah mengunjungi blog ini . Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat . Jika ada kekurangan atau jika ada yang ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar , saya akan sangat berterima kasih .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMERIKSAAN DAN PENGGANTIAN BUSI           Halo selamat datang kembali. Pada kesempatan kali ini  saya membuat artikel mengenai pemeriksa...